V-Formation dalam Kebersamaan



Setelah lama gak posting, kali ini gw akan membagi sedikit pengetahuan kepada kalian semua tentang burung. Loh kok burung? Bukan sesuatu yang lebih wow dari burung? Sebelum pola kalian sudah berpikir sampai kesana, gw pengen kalian coba menatap ke langit atau mungkin membayangkan ada burung yang selalu bersama-sama di udara. Dan hanya 1 jenis burung yang selalu melakukan demikian, dan selalu membentuk huruf V atau terkadang seperti segitiga. Itulah yang  gw pengen bahas di sini tentang burung tersebut. Kalian juga pasti akan berpikir mengapa di judul blog ini ada kata " Kebersamaan ". Penasaran kan? Silahkan di lanjutkan bacanya..

Kebersamaan dalam arti umum yaitu satu atau 2 orang dan lebih yang selalu berkumpul dan melakukan sesuatu. Dan terkadang kita juga sering mengucapkan bahwa kebersamaan itu indah, dan itu betul banget. Asalkan kebersamaan yang dimaksud adalah kebersamaan yang positif bukan kebersamaan yang merugikan orang lain. Positif maupun negatif akan menjadi sorotan banyak orang, hanya yang membedakan adalah respon orang-orang tersebut. Terus apa hubungannya dengan burung-burung di atas ?

Burung-burung yang terbang itu mempunyai kelebihan yang cukup unik. Jika kalian perhatikan, burung-burung itu selalu terbang bersamaan dan tidak pernah terbang sendirian. Mereka selalu mengepakkan sayapnya secara bersamaan dan itulah yang membuat mereka menjadi kuat dan mampu terbang secara jauh. Nah di sini yang uniknya, suatu kali burung jika kelelahan setelah terbang dalam jangka waktu yang lama, pasti dia akan terjatuh atau menepi. Nah sempat sekali burung ini terlihat ada salah satunya yang jatuh, dan yang paling menghebohkannya lagi, bahwa ketika burung ini jatuh, ada 1-2 kawanannnya langsung turun dan segera mengangkat kawannya yang jatuh tersebut. Apa yang di lakukan oleh burung sisanya? Sisanya mereka menunggu, setelah kawanannya balik, mereka baru melanjutkan lagi perjalanannya.

Burung saja mengerti yang namanya Kebersamaan, seharusnya kita sendiri juga harus mengerti yang namanya kebersamaan. Dalam kehidupan juga sama sob, kita tidak bisa hidup sendiri, dan dalam hidup ini kita selalu dan selalu mengandalkan orang lain. Itulah juga yang terjadi jika dalam perusahaan dan dalam organisasi. Perusahaan dan organisasi mereka masing-masing mempunyai yang namanya visi dan misi. Visi dan Misi itulah yang di jadikan patokan sebagai tujuan dan apa yang diharapkan dari perusahaan dan organisasi kedepannya. Tentunya perusahaan dan organisasi tidak dapat berdiri sendiri jika tidak ada anggota. Sering kali juga ada anggota yang lemah dan terkadang jatuh. Nah di sini sob, dalam perusahaan atau organisasi atau kebersamaan yang lainnya selain dua itu, jangan pernah meninggalkan teman kita atau sahabat kita, jika mereka sedang kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya. Bantulah mereka, bawa mereka lagi bangkit dalam semangatnya, tapi jangan lupa tugas dan perkejaan kalian harus sudah selesai terlebih dahulu loh.

Burung saja mengerti arti kebersamaan masa kita kaga? Hehe...

Sekarang gw mau kasi sedikit penjelasan tentang burung ini sedikit lebih detil, apa sebenarnya tujuan dari terbang dengan V model.

Arah Udara
Sadar atau tidak sadar, udara cukup menghambat kita dalam bergerak, terutama yang jalan kaki. Tapi bagi mereka yang bergerak dengan kecepatan tinggi, hal ini cukup berpengaruh. Sebenarnya huruf V ini terbentuk jika mereka ingin bermigrasi. Pada umumnya butuh yang bermigrasi dapat menempuh jarak ribuan kilometer. Dalam hal ini jika burung tersebut membentuk formasi V, burung tersebut dapat menempuh jarak 8 kali lebih jauh dari jarak semula. Menakjubkan ya?

Hal ini disebabkan karena selain berperan sebagai pemecah udara, burung terdepan juga mengubah arah gerak udara sehingga menyebabkan daya angkat pada dua burung di sebelah kanan dan kirinya. Daya angkat ini kemudian diteruskan secara berurutan hingga posisi burung paling belakang.

Area Upwash dan Downwash
Lihat, akibat downwash, apapun yang mencoba terbang di belakang pesawat harus bekerja ekstra karena terdorong ke bawah. Tapi lain halnya bila mencoba terbang area upwash, justru akan mendapat gaya dorong ke atas sehingga apapun yang terbang di area tersebut tidak memerlukan usaha yang terlalu berat.
Inilah sebab mengapa burung menggunakan formasi "V" sebagai formasi terbang jauh. 

Perhatikan gambar. Posisi yang dilingkari dengan lingkaran merah adalah posisi paling berat, lead dan flank position. Posisi lead menjadi berat karena burung lead harus terbang tanpa bantuan upwash tetapi mendapat keuntungan dari burung di belakangnya karena downwash yang dia hasilkan dipecah oleh burung di belakangnya. Posisi flank menjadi berat karena walaupun mendapat upwash, tidak ada burung di belakangnya yang memecah downwash di belakangnya sehingga flank bird mendapat induced drag yang menghambat terbangnya.

Posisi terbaik tentu saja yang berada di antara kedua posisi itu, karena mereka mendapat upwash tetapi juga tidak mendapat induced drag. Secara bergantian burung yang berada di tengah akan mengambil posisi lead dan flank supaya mereka bisa menempuh jarak yang lebih jauh. Menurut penelitian, burung yang terbang dengan formasi ini mampu menempuh jarak hingga 70% lebih jauh.

Sumber : Sini dan sini

0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Follower

Meet The Author