Makanan yang dianjurkan dan dihindari sebelum tidur

Terkadang jika tidak bisa tidur malam, justru kita malah mencari makanan ringan. Apakah itu baik? Kita tidak bisa bilang itu buruk atau pun itu baik, semuanya itu tergantung dari orang tersebut, tapi ada baiknya jika menghindari mengemil di tengah malam sebelum tidur, karena jika diteruskan maka yang terjadi adalah penumpukan lemak, mungkin saja Anda akan kaget sendiri jika menimbang berat badan di pagi hari, ternyata berat badan Anda naik. Nah tapi bagaimana nasib dengan orang yang sudah addicted alias di mana mereka tidak bisa tidur jika belum mengemil malam? Oke, ada beberapa tips tentang " Makanan yang di anjurkan dan Makanan yang tidak anjurkan " untuk ngemil malam sebelum tidur.

Berikut ini adalah Makanan yang di anjurkan / sebaiknya di makan sebelum tidur:
1. Kedelai

- Kedelai adalah kacang-kacangan yang mengadung banyak protein dan kayak nutrisi, salah satu sumber asam amino yang disebut dengan triptofan. Menurut National Sleep Foundation, triptofan dapat membantu mendorong kantuk dan menyediakan komponen yang berguna untuk camilan tidur.

2. Gandum Utuh

- Produk gandum utuh seperti roti gandum adalah kabohidrat kompleks, yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi serta dicerna lebih lambat dari makanan olahan. Kabohidrat kompleks dapat membuat triptofan menjadi lebih mudah diakses di otak, menurut National Sleep Foundation. Untuk mendapatkan kabohidrat kompleks selain dari roti gandum, bisa di dapatkan pula di nasi merah dan oat meal gandum.

3. Susu hangat rendah lemak

- Produk susu, seperti susu rendah lemak yoghurt dan keju, dapat mempromosikan relaksasi karena mengandung kabohidrat dan triptofan. Untuk alasan, laporan yang di publikasikan dalam American Journal of Nursing tahun 2007 merekomendasikan bahwa pasien yang sulit untuk tidur dapat di berikan susu hangat rendah lemak.

4. Buah dan sayur
- Buah dan sayur merupakan sumber makanan antioksidan yaitu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri  dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makan dengan antioksidan dapat meminimalkan gejala - gejala yang terkait dengan isomnia menurut University of Maryland Medical Center. Buah yang baik sebelum di makan adalah buah beri, ceri, jeruk, delima, sayuran hijau, kubis bruseel, brokoli, artichoke.

Berikut ini adalah Makanan yang sebaiknya di hindar sebelum tidur:
1. Kafein

- Kafein adalah stimulan yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan jika di konsumsi sebelum tidur, Anda mungkin akan merasa sulit untuk tidur, tergantung pada seberapa sensitif Anda pada obat. Hindari kopi, teh dan coklat sebelum tidur.

2. Makanan pedas dan bawang putih

- Makanan pedas dan makanan yang mengandung bawang putih dapat berkontribusi pada Heartburn ( rasa panas pada dada ) ketika dikonsumsi sebelum tidur, menurut Timothy Morgenthaler, MD.

3. Kripik dan makanan asin

- Makan makanan kripik dan makanan asin sebelum tidur, dapat membuat perut Anda kembung dan membuat Anda sulit untuk tidur.Selain itu, makanan asin dapat membuat Anda merasakan sering ingin buang air kecil yang membuat Anda sullit untuk tidur.

4. Kacang-kacangan

- Biasanya kacang - kacangan di anggap makanan sehat yang mengandung lemak tak jenuh dan protein. Namun kacang mengandung beberapa natrium, jika di makan sebelum tidur dapat membuat Anda sulit untuk tidur. Protein dan natrium meningkatkan aktifitas otak, sehingga Anda tidak dapat cukup tenang saat ingin tidur.

5. Makanan tinggi gula dan lemak

- Makanan tinggi gula dan lemak lebih sulit di cerna oleh tubuh, yang akhirnya membuat tidur kurang cukup tenang. Gula juga dapat mengganggu siklus tidur karena menyebabkan ketidakseimbangan insulin dan memberikan ledakan energi.


1 comments:

  1. Thanks ya Infonya , gw Jadi tau nih makanann yang baik sama yang harus dihindarin sblumm tidur pastings .. Heheh




    Good luck ya negblogg Nya ..


    ReplyDelete

 

Flickr Photostream

Follower

Meet The Author